danieldersh.blogspot.com adalah blog kesehatan yang memberikan informasi tentang berbagai macam penyakit.

Minggu, 18 Maret 2018

Gejala Endokarditis dan Penyebab Yang Harus Diwaspadai


Gejala Endokarditis dan Penyebab Yang Harus Diwaspadai - Endokarditis merupakan suatu infeksi yang terjadi pada lapisan bagian dalam jantung manusia (endokardium). Penyakit ini termasuk ke dalam penyakit yang langka dan berpotensi membahayakan nyawa penderitanya.


Biasanya, endokarditis akan menyerang pada jantung seseorang yang mengalami gangguan atau dapat dikatakan sebagai jantung yang tidak sehat. Beberapa orang yang memiliki lebih risiko terkena endokarditis yaitu penderita katup jantung rusak, orang dengan katup jantung buatan, menderita penyakit jantung bawaan, hipertrofi kardiomiopati, dan juga penderita beberapa gangguan jantung lainnya. Orang yang sering menyuntikkan obat terlarang juga akan memiliki risiko lebih besar untuk terkena endokarditis. Jika tidak ditangani dengan baik dan benar, penderita endokarditis dapat terkena beberapa komplikasi, diantaranya adalah sebagai berikut :

Gagal jantung. Endokarditis yang tidak diobati dapat merusak bagian katup jantung dan menghancurkan lapisan dalam jantung secara permanen. Stroke dan kerusakan organ. Gumpalan berupa bakteri dan fragmen sel yang terbentuk pada bagian jantung yang terinfeksi dapat pecah, dan bergerak ke organ-organ lainnya. Gumpalan tersebut bisa menyebabkan stroke atau terjadinya kerusakan organ serta jaringan lainnya. Infeksi pada bagian tubuh lainnya. Endokarditis dapat menyebabkan munculnya abses atau nanah pada bagian tubuh lain, termasuk juga pada bagian otak, ginjal, limpa atau hati.

Gejala Endokarditis

Gejala merupakan sesuatu yang dirasakan dan diceritakan oleh penderita. Gejala-gejala endokarditis bisa berkembang dan timbul secara perlahan atau mendadak, hal ini akan sangat tergantung dari penyebab infeksi dan gangguan jantung yang diidap penderita. Beberapa gejala dan tanda klinis endokarditis yang dialami penderita diantaranya yaitu demam tinggi, menurunnya berat badan tanpa sebab, sakit dan pusing pada kepala, muncul bintik-bintik merah di bawah kulit pada jari-jemari, mengalami mental confusion, terdapat darah pada urine, muncul keringat pada malam hari, napas menjadi pendek, kulit pucat, muncul bintik-bintik berwarna ungu atau merah pada kulit, bercak putih pada mata atau pada mulut bagian dalam, terjadi pembengkakan pada kaki, tungkai kaki sera perut, mengalami batuk secara terus menerus,  nyeri pada persendian, otot dan pinggang bagian kiri di bawah tulang iga jiga infeksi telah menyebar ke limfa, mengami perubahan suara pada detak jantung, serta seringkali merasa kelelahan.

Penyebab Endokarditis

Endokarditis ini akan terjadi bila kuman masuk ke dalam aliran darah, kemudian masuk ke jantung dan melekat pada katup jantung yang tidak normal, sehingga dapat merusak jaringan jantung.
Terdapat beberapa cara kuman bisa masuk ke dalam aliran darah seseorang, antara lain melalui kateter atau jarum suntik, akibat infeksi atau kondisi medis lainnya, akibat prosedur perawatan gigi, aktivitas mulut harian dan pada kebanyakan kasus endocarditis adalah diakibatkan oleh banyaknya bakteri yang menyebabkan munculnya penyakit ini.

Gejala Endokarditis dan Penyebab Yang Harus Diwaspadai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sarah Veronica

0 komentar:

Posting Komentar