danieldersh.blogspot.com adalah blog kesehatan yang memberikan informasi tentang berbagai macam penyakit.

Minggu, 18 Maret 2018

Gejala Emboli dan Penyebabnya Yang Harus Diketahui

Gejala Emboli dan Penyebabnya - Emboli merupakan kondisi terhambatnya aliran pada pembuluh darah. Hambatan yang dimaksud di sini bisa saja berupa gelembung udara atau darah yang menggumpal. Emboli yang muncul pada tubuh manusia dapat mengganggu organ tubuh karena mengakibatkan terjadinya kekurangan oksigen.


Organ-organ vital pada tubuh manusia, seperti otak, jantung dan paru-paru, tidak bisa berfungsi dengan baik ketika pasokan oksigen menuju organ tersebut menjadi terhambat. Pada otak, emboli dapat menyebabkan stroke. Sedangkan pada paru-paru, emboli dapat menyebabkan embolisme paru. Bukan hanya fungsi organ saja yang terganggu, namun terlalu lama kekurangan oksigen bisa membuat jaringan organ tersebut menjadi rusak secara permanen.

Gejala Emboli Yang Harus Diwaspadai

Berikut ini merupakan beberapa gejala yang dapat terjadi akibat emboli pada paru-paru, diantaranya yaitu sering merasa sesak napas, sakit pada dada yang terasa lebih parah ketika batuk dan bernapas, batuk-batuk yang terkadang disertai dengan darah, berkeringan secara berlebihan, sering pusing-pusing, serta detak jantung menjadi cepat. Sedangkan jika emboli menghambat aliran darah ke otak, maka akan terjadi gejala-gejala yang serupa dengan stroke.
Kondisi emboli ini sangat berpotensi untuk menghambat aliran darah ke suatu organ secara menyeluruh dan ini akan berpotensi berakibat fatal. Maka segeralah datang ke rumah sakit terdekat jika memang seseorang tersebut mengalami gejala stroke atau embolisme paru.

Penyebab Munculnya Emboli

Emboli atau merupakan hambatan pada pasokan darah ke jaringan dan organ tubuh, bisa berupa banyak hal, antara lain sebagai berikut :

  • Lemak. Tulang yang mengalami keretakan bisa mengakibatkan terlepasnya partikel lemak di dalam tulang menuju aliran darah. Selain itu, lemak juga bisa masuk ke aliran darah jika terjadi komplikasi setelah menjalani operasi tulang atau karena terjadi luka bakar yang cukup parah.
  • Gumpalan darah. Untuk mencegah terjadinya pendarahan berlebihan saat terjadi luka, darah akan menggumpalkan diri secara alami. Namun pada beberapa kondisi, seperti penyakit jantung, kegemukan atau obesitas, kanker, dan kehamilan dapat menyebabkan darah menggumpal lebih mudah meski tidak terjadi luka. Salah satu penyebab utama emboli paru adalah terjadinya penggumpalan darah pada pembuluh vena dalam kaki yang kemudian terlepas dan bergerak menuju ke paru-paru.
  • Air ketuban. Merupakan cairan yang mengelilingi dan melindungi bayi di dalam rahim. Meski kondisi ini sangat langka, cairan amniotik bias saja masuk ke pembuluh darah sang ibu saat proses melahirkan dan menyebabkan penyumbatan.
  • Kolesterol. Aterosklerosis adalah proses penyempitan pembuluh arteri yang disebabkan oleh penimbunan kolesterol. Apabila kondisi yang terjadi cukup parah, sebagian kecil kolesterol bisa terlepas sehingga dapat menyebabkan terjadinya emboli atau hambatan pada aliran darah.
Udara. Gelembung udara atau gas juga bisa memasuki aliran darah karena kondisi ini merupakan penyebab kematian utama di antara para penyelam. Seorang penyelam yang naik ke permukaan dengan cepat akan mengalami perubahan tekanan drastis sehingga dapat menyebabkan munculnya gelembung nitrogen di dalam aliran darah. Kondisi inilah yang menyebabkan munculnya penyakit dekompresi.

Gejala Emboli dan Penyebabnya Yang Harus Diketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sarah Veronica

0 komentar:

Posting Komentar