danieldersh.blogspot.com adalah blog kesehatan yang memberikan informasi tentang berbagai macam penyakit.

Kamis, 05 April 2018

Gejala Arteriosklerosis Yang Harus Anda Ketahui dan Waspadai

Gejala Arteriosklerosis Yang Harus Anda Ketahui dan Waspadai - Arteriosklerosis merupakan proses terjadinya pengerasan pembuluh darah arteri yang membawa darah dari jantung untuk kemudian dialirkan ke seluruh tubuh. Kondisi ini terjadi secara tidak normal karena pembuluh darah yang sehat seharusnya bersifat lentur, fleksibel, dan juga elastis. Arteriosklerosis ini dapat menyebabkan aliran darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi dari jantung menuju berbagai jaringan tubuh menjadi terganggu dan tidak lancar.

Kebanyakan orang sering keliru saat memaknai arteriosklerosis dengan aterosklerosis dan arteriolosklerosis. Aterosklerosis dan arteriolosklerosis merupakan turunan dari arteriosklerosis, sehingga gejala dan pengobatan untuk ketiga jenis penyakit ini tidak jauh berbeda. Ketiganya sama-sama terjadi pada pembuluh darah arteri.

Arteriosklerosis tahap awal pada dasarnya jarang menimbulkan gejala. Tanda-tanda kemunculan arteriosklerosis baru akan terasa saat pembuluh darah arteri semakin sempit dan aliran darah menjadi tersumbat. Kondisi inilah yang nantinya bisa menjadi pemicu terjadinya penyakit kardiovaskular.

Gejala Arteriosklerosis

Berikut ini merupakan beberapa indikator yang menjadi gejala terjadinya penyakit Arteriosklerosis.
Pertama, seorang penderita tersebut merasa mati rasa di tangan atau kaki, sulit untuk berbicara, penglihatan menjadi terganggu, dan otot pada wajah menjadi lemah atau bahkan lumpuh, jika penyumbatan terjadi pada arteri yang disalurkan menuju ke otak.

Kemudian biasanya ditandai dengan munculnya rasa nyeri di dada yang disebut angina, jika penyumbatan terjadi di arteri yang menuju ke jantung. Selanjutnya kaki akan terasa nyeri ketika berjalan, jika penyumbatan terjadi di arteri yang menuju ke tungkai dan kaki. Tekanan darah tinggi hingga gagal ginjal akan dirasakan jika penyumbatan terjadi di arteri yang menuju ke ginjal.

Penyebab Arteriosklerosis

Munculnya penyakit Arteriosklerosis ini dapat disebabkan oleh pengerasan pada dinding arteri. Hal ini dapat terjadi karena penumpukkan lemak di lapisan dalam arteri atau aterosklerosis dan juga dikarenakan penebalan otot dinding arteri akibat tekanan darah tinggi atau hipertensi. Ketika lapisan yang ada pada arteri rusak, sel darah dan yang lainnya akan menggumpal di area yang rusak, yang mana selanjutnya lama kelamaan, plak yang terbentuk dari kolesterol juga akan menumpuk dan mengeras di area yang rusak tersebut. 

Hal ini kemudian menyebabkan arteri semakin menyempit, sehingga aliran darah menjadi terhambat. Jika aliran darah tidak bisa mengalir dengan lancar, maka keluhan selanjutnya adalah organ dan jaringan di dalam tubuh juga tidak bisa berfungsi dengan baik.

Beberapa hal yang dapat menjadi faktor pemicu kemunculan penyakit ini diantaranya adalah seseorang yang sering merokok dan jarang melakukan aktivitas olahraga sehingga terjadi obesitas dan ujung-ujungnya melalukanb diet yang tidak sehat. Kemudian tekanan darah yang tinggi disertai dengan kolesterol yang tinggi pun dapat menjadi pemicu terjadinya penyakit ini. Sehingga untuk menghindari penyakit ini haruslah menerapkan pola hidup yang sehat.

Gejala Arteriosklerosis Yang Harus Anda Ketahui dan Waspadai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sarah Veronica

0 komentar:

Posting Komentar